RUBAH BLOGSPOT/WORDPRESS MENJADI .COM ! MURAH MERIAH !!!
Namecheap.com - Cheap domain name registration, renewal and transfers - Free SSL Certificates - Web Hosting
HUBUNGI KAMI APABILA ANDA KESULITAN DALAM PEMBELIAN VIA SMS : 0852.57090.372
Memenuhi kebutuhan Videography, Photography, Komputer, dan Internet. Visit Us Now!

Saturday, July 30, 2011

Definisi, Jenis, Pengoperasian TV Tuner Internal dan Eksternal

Media Televisi saat ini sangat diminati oleh masyarakat dalam mendapatkan suatu informasi, atau hiburan, untuk membeli sebuah televisi maka dibutuhkan beberapa ratus ribu atau bahkan beberapa juta rupiah uang yang harus dikeluarkan. Sebenarnya ada cara lain untuk mengakses siaran televisi tanpa harus membeli pesawat televisi, yaitu dengan menggunakan suatu alat yang dinamakan TV Tuner, yang harganya jauh lebih murah. Untuk menggunakan TV Tuner jenis internal, maka Anda harus memiliki satu unit komputer multimedia yang spesifikasi minimalnya sebagai adalah sebagai berikut : 
Processor 500 Mhz, RAM sebesar 128 Mb (Mega Byte) (bisa saja lebih kecil, namun kinerjanya akan menjadi lambat ) , Sound Card , VGA card , speaker aktive, dan antena televisi. Biasanya kartu ini dipasang di slot PCI ( Peripheral Component Interconnect ) pada motherboard. Sedangkan untuk TV Tuner jenis eksternal Anda tidak perlu lagi memiliki specifikasi minimal seperti disebutkan sebelumnya, namun Anda hanya perlu satu buah layar monitor. Setelah Anda memiliki persyaratan tersebut, maka tidak perlu lagi membeli pesawat televisi, karena Anda telah memilikinya yang dapat diakses secara langsung dari komputer.

BELI BERBAGAI MACAM JENIS TV TUNER DISINI

- Avertv Hybrid Volar Max Tv Tuner Kit for Windows MTVHVMXSK
- Hauppauge 1191 WinTV-HVR-950Q TV Tuner Stick/Personal Video Recorder with Clear QAM and Remote Control (Black)
- Hauppauge 1213 WinTV-HVR-2250 PCI-E x1 Dual TV Tuner
- Sabrent TV-USBHD Dual ATSC & Digital HDTV and Analog TV Tuner / Video Capture USB 2.0 Pendrive with Remote Control and Antenna Vista Ready
- Zinwell ZAT-970A Digital to Analog TV Converter Box (for Antenna Use)
- HP KS523AA USB TV Tuner
- Hauppauge 01200 WinTV-HVR-850 USB2.0 Hybrid Video Recorder 1200 (HAUP1200)
- Elgato EyeTV One Computer TV Tuner 10020311
- Sabrent TV-PCIRC TV Tuner PCI Card with Remote Control
- KWorld ATSC Digital HDTV USB 2.0 TV Stick KW-UB435Q>
- Digital Atsc Tv Box VGA Digital HDtv Tuner Receiver

Seiring dengan perkembangan tekhnologi yang sedemikian pesat ketika artikel ini ditulis, ada beberapa produk TV Tuner yang dapat dipasang di port USB ( Universal Serial Bus ). Khusus untuk TV Tuner yang menggunakan slot USB, lebih mudah cara pemakaiannya. Buka tutup kepala USB-nya, tancapkan ke konektor USB di notebook (atau PC) Anda, lalu sambungkan antena internal kecil yang disertakannya ke ujung badan lainnya. Anda tidak perlu repot-repot menancapkan adaptor ke jala-jala listrik, yang biasanya cukup mengganggu penempatan TV tuner. Sebab daya yang dibutuhkan oleh TV tuner ini diambilkan dari koneksi USB komputer. Setelah itu pengguna TV tuner bisa memerintahkan PC untuk merekam tayangan TV yang telah ditentukan sebelumnya tanpa mengharuskan ia menyalakan PC secara langsung. Selain itu, TV tuner ini juga dibekali kemampuan untuk mematikan PC melalui remote control yang disertakan. USB TV Tuner ini memiliki fungsi Time-Shifting yang berguna untuk mem- pause program TV yang sedang berlangsung dan melanjutkannya tepat di posisi terakhirnya.

Dengan demikian banyak sekali pilihan yang ditawarkan untuk mendapatkan televisi tanpa harus membeli pesawat televisi. Anda cukup menyisihkan sedikit uang kemudian silahkan anda pilih produk yang menurut anda sesuai dengan keinginan Anda.

Konsep Peripheral TV Tuner
TV Tuner adalah alat yang dapat digunakan komputer untuk menampilkan siaran dari berbagai macam stasiun televisi, seperti layaknya pesawat televisi biasa, TV Tuner juga dilengkapi dengan berbagai macam tools yang bisa digunakan untuk berpindah dari satu stasiun televisi ke stasiun televisi lainnya, ada berbagai macam produk TV Tuner yang telah tersebar dipasaran, tentu saja, setiap satu produk memiliki fiture yang berbeda dengan produk lainnya.

Fiture yang umum disediakan antara lain : berpindah dari satu channel (stasiun televisi) ke channel lainnya ( preset channel), picture adjustment ,mendengarkan radio, melakukan capture (penangkapan gambar) dari program televisi yang sedang berlangsung dengan format file gambar dan video bahkan adapula yang dapat melakukan capture untuk camera handycam yang masih manual . Masih banyak lagi kemudahan – kemudahan yang di berikan ketika kita mengakses menu yang tersedia, dalam perangkat TV tuner.

Penggunaan TV Tuner sebagai media televisi dalam rumah tangga merupakan suatu alternatif yang belum banyak dilakukan dimasyarakat pada saat artikel ini dibuat. Hal ini dikarenakan masih kurangnya pengetahuan tentang teknologi untuk saat ini. Padahal jika diperhatikan dengan seksama, akan terdapat banyak manfaat yang diperoleh jika menggunakan alat ini, diantaranya mulai dari efisiensi biaya yang dikeluarkan, penghematan ruang, penghematan listrik untuk pengguna PC dengan intensitas tinggi. Artinya, tidak perlu ada tambahan biaya listrik untuk menyalakan TV karena tidak lagi membutuhkan TV sementara kita bisa menyaksikan TV dengan komputer.

Jenis-jenis TV Tuner 
Secara garis besar, jenis TV tuner terbagi menjadi dua jenis yaitu jenis eksternal dan jenis internal. Kedua jenis TV tuner ini memiliki perbedaan yang sangat signifikan, sesuai dengan namanya, untuk TV tuner jenis internal biasanya berada didalam CPU (diatas motherboard) dan di tancapkan di slot PCI ( Peripheral Component Interconnect ) , sedangkan untuk yang jenis eksternal diletakkan diluar CPU, dan ditancapkan di USB (Universal Serial Bus). TV tuner jenis eksternal lebih praktis jika dibandingkan dengan jenis internal, karena jenis eksternal diletakan diluar CPU sehingga kita tidak perlu lagi membongkar CPU untuk memasangnya.

Seperti layaknya pesawat televisi biasa, tv tuner baik yang internal maupun eksternal juga memerlukan alat tambahan yang digunakan untuk memperkuat sinyal, yaitu Antena. Untuk jenis antenanya bisa bebas, artinya bisa menggunakan antena yang diletakan didalam ruangan maupun antena diluar ruangan. Sedangkan dari segi kemudahan, banyak sekali perbedaan yang dapat di temukan tetapi kemudahan dalam melakukan penginstalasiannya, karena mudahnya mungkin Anda tidak perlu lagi membaca manual book-nya karena sudah tergambar dengan jelas di setiap menu pilihan, walaupun hal ini sangat tidak dianjurkan.


Pengoperasian TV tuner Internal

Dalam pembahasan kali ini, akan dibahas bagaimana mengoperasikan dan cara pemasangan TV tuner jenis internal. Sebelum melakukan instalasi, pastikan kabel power yang terhubung antara power supply dengan CPU terputus, sebab jika masih terhubung dan ketika melakukan pemasangan TV tuner diatas slot, dikhawatirkan akan terjadi hubungan arus pendek yang dapat menyebabkan rusaknya peripheral (peralatan) hardware komputer, siapkan peralatan – peralatan yang dibutuhkan untuk membongkar CPU seperti obeng (plus atau min sesuai dengan mur atau baut yang digunakan), serta TV Tuner internal itu sendiri. Setelah itu lakukan langkah berikut :


Langkah Pengoperasian dan Penginstalasian TV Tuner internal :
Siapkan komputer dan Card TV Tuner.

Sebelum melakukan instalasi tv tuner, sebaiknya kita menyiapkan peralatan – peralatan inti yang mustahil bisa berjalan dengan baik tanpa perlatan ini. Siapkan satu unit komputer multi media yang lengkap dengan peralatan – peralatannya seperti sound card, VGA card, dan card TV tuner itu sendiri, setelah komputer dinyatakan lengkap, sebaiknya Anda cek kembali apakah kartu suara atau soundcard dapat bekerja dengan baik?, kalau belum,maka driver untuk kartu suara harus diinstall kembali, jika Anda menggunakan kartu suara jenis no-onboard (tidak tertancap secara permanen diatas motherboard) maka pastikan letak kartu suara sudah benar dan tertancap di slot-nya dengan baik.


Buka casing komputer
Setelah Anda memastikan seluruh peralatan telah dipersiapkan dengan baik, maka langkah selanjutnya Anda harus membuka cassing CPU untuk menancapkan Card TV tuner diatas motherboard tepatnya di slot PCI. Peralatan yang dibutuhkan adalah peralatan sederhana yaitu obeng plus atau minus, kita gunakan sesuai dengan mur atau baut yang digunakan untuk penutup casing. Sebelum membuka casing sebaiknya dicabut terlebih dahulu kabel power yang terhubung ke stop kontak agar Anda tidak tersengat aliran listrik. Sebenarnya untuk menghindari sengatan listrik ringan bisa saja kita hindari dengan menggunakan alas kaki, namun hal ini tidak dianjurkan, sebab nanti ketika Anda ingin menancapkan card TV Tuner ke slot PCI dikhawatirkan akan terjadi hubungan arus pendek yang dapat menyababkan rusaknya hardware komputer Anda.


Pasang card TV Tuner di slot PCI
Untuk pemasangan card TV Tuner ada beberapa hal yang perlu di perhatikan, diantaranya tancapkan card TV Tuner di slot PCI ( Peripheral Component Interconnect ) ada beberapa produk yang kemungkinan tidak di tancapkan di slot PCI, tetapi dirancang untuk diletakan pada slot ISA. Untuk mengatasi hal tersebut, maka pastikan PIN yang berada pada card TV Tuner sesuai dengan ukuran untuk slot PCI, jika tidak sesuai jangan dipaksakan sebab akan menyebabkan terbakarnya motherboard Anda akibat hubungan arus pendek, tetapi hal ini (ketidak sesuaian ukuran slot dengan PIN TV Tuner) jarang sekali terjadi. Setelah ditancapkan, kencangkan mur atau baut TV Tuner pada casing.


Tutup kembali casing Komputer
Jika pemasangan card TV Tuner sudah terpasang, langkah selanjutnya adalah menutup kembali casing komputer Anda dengan benar. Hal ini kita lakukan guna menghindari masuknya debu kedalam CPU yang dapat menyebabkan lambatnya kinerja komputer Anda.









Hidupkan komputer dengan menghubungkan kabel power ke listrik dan tekan tombol power di casing. Selanjutnya Anda harus menghubungkan kembali kabel power dari power supply ke stop kontak. Kemudian pastikan juga kabel mouse, keyboard, dan speaker terhubung ke slotnya masing – masing juga kabel data monitor ke slot VGA, setelah itu tekan tombol power pada casing Anda untuk mulai mengaktifkan komputer.





Install software driver TV Tuner agar dapat dikenali oleh komputer (langkah instalasi disesuaikan dengan buku manualnya)
Tunggu sejenak sampai komputer mulai menampilkan sistem operasi dan mendeteksi adanya perangkat baru yang ditemukan (yaitu perangkat TV tuner). Setelah terdeteksi adanya perangkat baru, langkah selanjutnya adalah dengan memasukan CD Driver (CD yang diberikan ketika Anda membeli produk TV Tuner Internal) kedalam CD ROOM, kemudian akan muncul kotak dialog wizard (pernyataan dan pertanyaan yang muncul untuk meminta respon dari Anda.) untuk penginstalasian, ikuti langkah – langkah yang diminta, setelah selesai baru klik tombol finish atau done (sesuai dengan masing – masing product TV Tuner). Langkah terakhir dari penginstalasian software, aktifkan program yang sudah Anda install tersebut.



Hubungkan kabel antena dengan TV Tuner
Sampai sejauh ini Anda mungkin masih belum bisa mengakses siaran televisi, dikarenakan belum terpasangya antena televisi. Segera tancapkan connector (penghubung kabel) antena ke slot antena yang berada di slot TV Tuner (di bagian belakang CPU). Setelah itu baru Anda dapat menggunakan pesawat televisi hasil rakitan sendiri.



Hubungkan jek kabel audio berukuran kecil yang ujungnya dihubungkan ke lubang line-in pada soundcard dan ujung lainnya pada lubang audio yang ber ada di slot TV tuner.Jek kabel audio ini bentuk kedua ujungnya sama, bentuknya sama seperti ujung audio yang biasa digunakan untuk headset pada walkman / mp3 player.



Gunakan remote untuk mengubah saluran televisi.
Silahkan ubah konfigurasi televisi Anda dengan menggunakan remote kontrol jika produk yang Anda gunakan menyediakan fasilitas remote control, jika tidak maka gunakan mouse untuk mengkonfigurasinya.


Pengoperasian TV tuner Eksternal

Untuk TV Tuner jenis Eksternal lebih mudah penginstalasiannya dibandingkan dengan jenis internal, sebab kita hanya membutuhkan layar monitor komputer saja tanpa harus memiliki CPU (Central Processing Unit), membongkar casing bahkan tanpa harus menginstal driver TV Tuner tersebut. Langkah langkah untuk mengoperasikan TV Tuner jenis eksternal adalah sebagai berikut :



Langkah – langkahnya :

Siapkan monitor komputer dan TV Tuner eksternal
Siapkan satu unit monitor komputer dan card TV tuner, untuk TV Tuner jenis eksternal kita tidak membutuhkan CPU dan peralatan yang include di dalamnya. Kalau jenis internal kita memerlukan kartu suara, maka untuk jenis eksternal kita tidak memerlukannya, sebab suara televisi bukan lagi bersumber dari sound card (kartu suara) melainkan dihasilkan dari TV Tuner eksternal. Jadi Anda tidak perlu repot untuk menginstal driver soundcard dan peralatan lainnya.



Hubungkan kabel data monitor ke slot TV Tuner, kemudian hubungkan kabel power ke stop kontak. Berbeda dengan pengoperasian TV Tuner jenis internal, yang harus menghubungkan kabel data monitor ke CPU (tepatnya di slot VGA card) untuk instalasi TV Tuner jenis eksternal, kita menghubungkan kabel data monitornya ke connector yang berada pada slot TV Tuner (include didalam produk).



Tekan tombol power monitor dan hubungkan adaptor TV Tuner ke stop kontak, setelah itu tekan tombol power pada TV Tuner
Tanpa perlu instalasi hardware atau software ke CPU kita sudah dapat menikmati siaran televisi, untuk langkah berikutnya, Anda tinggal memastikan kabel – kabel power baik monitor maupun TV Tuner eksternal telah terhubung dengan stop kontak, selanjutnya menekan tombol power monitor dan tombol power TV Tuner.

Pasang Antena untuk menangkap saluran stasiun televisi
Sama halnya seperti televisi biasa, TV tuner Eksternal maupun internal juga membutuhkam antena televisi agar penangkapan gelombang frekuensi dapat dilakukan dengan sempurna.



Ubah saluran televisi sesuai dengan selera Anda dengan menggunakan remote control .
Silahkan ubah konfigurasi televisi Anda dengan menggunakan remote control, jika produk yang Anda gunakan menyediakan fasilitas remote control, jika tidak maka gunakan tombol pada TV tuner untuk mengkonfigurasinya.





DOWNLOAD PENGOPERASIAN TV TUNER DISINI


sumber:
http://www.e-dukasi.net/index.php?mod=script&cmd=Bahan%20Belajar/Materi%20Pokok/view&id=172&uniq=1010

KUNJUNGI TOKO KAMERA VIDEO ONLINE


Anda Lebih Hebat Lagi Kalau Mengintip Artikel Berikut:

1 comment:

  1. thank gan atas panduan langkah-langkahnya, tapi kalau tv tuner eksternal harus colok cabut untuk conektor monitor ke tv tuner dengan conektor monitor ke pc...
    mohon pencerahannya....

    ReplyDelete